Wednesday 9 December 2015

Alasan mengapa soal esay lebih susah dari pilihan ganda

Alasan mengapa soal esay lebih susah dari pilihan ganda Ulangan? ya kata yang paling mungkin agak disegani oleh pelajar, dari mulai mat... thumbnail 1 summary
Alasan mengapa soal esay lebih susah dari pilihan ganda

Ulangan? ya kata yang paling mungkin agak disegani oleh pelajar, dari mulai materi yang harus di hafal, sampai sampai bentuk soal yaitu PG atau essay, hmm lebih mudah mana ya essay atau PG? menurut anda yang mana? kalo menurut saya soal esay lebih susah dari pilihan ganda, apa alasannya? simak baik baik artikel saya berikut.

Menurut saya, Essay lebih susah dari PG, karena ada beberapa alasan, itupun ada Positif dan negativ. Karena menurut saya essay lebih susah, jadi kita bahas alasan negative  aja dulu
  1. Jawaban yang harus dibuat cukup panjang
    Essay membutuhkan penjelasan yang cukup panjang untuk menjawabnya. Tidak seperti PG yang tinggal memilih pilihan A, B, C atau D (kalo udah kepepet sih biasanya saya ngitung kancing aja :v warning : Jangan ditiru :v )
  2. Membutuhkan halaman kosong yang cukup banyak.
    Karena essay membutuhkan jawaban yang cukup panjang, ya otomatis deh halamanna juga harus banyak yang digunakan untuk menjawab. Jika dalam 1 halaman PG dapat menngisi hingga 100 soal berbeda dengan essay kita hanya dapat mengisi 3-5 soal, itupun kalo soalnya tidak beranak.
  3. Sering beranak :D (bercabang)
    Hal ini yang paling saya tidak suka dari essay, udah jawabnnya panjang-panjang ... eh ada cabangnya. Iya sih soalnya cuma 5, tapi tiap soal beranak 7 udah 35 soal tuh gan :v
  4. Waktu pemeriksaan yang lama.
    Mungkin bagi sebagian guru, memeriksa essay dibandingkan PG lebih cepat PG karena tinggal hanya menyamakan A, B, C, ataupun D. Berbea dengan essay yang harus disamakan sejelas mungkin ya pastinya juga butuh waktu yang lama.
Hmmm sepertinya cukup deh dampak negativenya, sekarang kita beralih ke dampak positifnya :
  1. Dapat membedakan hasil nyontek atau bukan.
    Ini  yang paling saya seneng, walaupun panjang ntarnya ketauan mana yang nyontek dan yang enggak, ya seenggaknya nilai ntar pasti beda deh.
  2. Pasti ada Nilai.
    Ini adalah keuntungan yang kedua, biasanya walaupun salah, guru akan tetap memberikan nilai pada essay asalkan diisi. Berbeda dengan PG yang biasanya kalo salah ya udah salah gak bisa diganggu gugat XD.
  3. Pembuatan soal cukup cepat.
    Nah bagi sebagian guru ataupun orang yang membuat soal soal, tentunya akan lebih mudah membuat soal essay ketimbang PG. Karena ketika membuat soal essay, kita tinggal menulis pertanyaannya yang singkat dan satu jawaban, berbeda dengan PG yang harus menulis soal lalu membuat 4 pilihan jawaban.

Nah jelaskan kalau essay lebih susah dari PG? Tapi sekarang terserah anda sendiri juga yang menilai, kal saya gimna soalnya aja, terkadang adakalanya PG lebih sulit dari Essa, tapi jarang sih kalo gitu.  Mungkin untuk saat ini, hanya itu yang bisa saya paparkan. Kritik dan saran silahlan corat coret di komentar. Jangan lupa untuk di share ya kawan :)


No comments

Post a Comment

'; /* * * DON'T EDIT BELOW THIS LINE * * */ (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })(); '; // required: replace example with your forum shortname /* * * DON'T EDIT BELOW THIS LINE * * */ (function () { var s = document.createElement('script'); s.async = true; s.type = 'text/javascript'; s.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/count.js'; (document.getElementsByTagName('HEAD')[0] || document.getElementsByTagName('BODY')[0]).appendChild(s); }());